Informatif, edukatif, akurat dan terpercaya menyajikan informasi seputar filsafat, sosial, politik, pemerintahan, buku dan opini.

test pub-9703219827204705, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/15/2019

Death Note : Episode 1 (Lahir Kembali)

Light, tokoh utama anime Death Note

           
 Oleh  : Dua Enam


           Di dunia dewa, penulis langsung dapat melihat tempat yang mengerikan, penuh kegelapan dan mendengarkan suara-suara yang kurang mengenakan. Ya, Shinigami. Nama itulah yang melekat dalam pikiran penulis. Dewa kematian atau Shinigami nampak terlihat pada awal cerita. Namanya Ryuk, Ciri-ciri Shinigami memiliki gigi yang bergerigi bagaikan gergaji, anting di telinga, bola mata yang besar tanpa alis, bertubuh tinggi besar, dapat terbang, memiliki ciri khas bulu berwarna hitam di pundak kiri dan kanan, rambut mekar ke atas, dan sangat menyeramkan.



            Selanjutnya di dunia manusia, perhatian penulis tertuju pada Light, seorang pemuda yang cerdas, dingin dan dapat diandalkan. Suatu ketika, dia tiba-tiba saja membenci kebusukan sesamanya manusia yang licik, kejam dan tidak berkeprikemanusiaan. Sontak, kebencian itu membawanya sampai pada buku Death Note (Catatan Kematian) yang jatuh dari langit. Menurut cerita pada episode pertama, buku tersebut jatuh dari dunia dewa yang merupakan buku dari Ryuk sang dewa kematian.


            Dalam cerita animenya, Light sangat ragu ketika pertama kali menemukan buku Death Note dan tidak percaya pada kekuatannya yang dapat mencabut nyawa manusia lainnya jika persyaratan berupa nama telah selesai ditulis. Namun, semua berbanding terbalik, ketika Light membuktikannya sendiri dengan menulis nama manusia untuk pertama kalinya, tak disangka dalam  hitungan menit yang tertulis pada buku tersebut, target langsung mati seketika.

            Berangkat dari pengelaman pertama kalinya membunuh orang lain melalui media buku dengan cara menuliskan namanya, Light bukannya malah takut, ia malah semakin menjadi-jadi (Ketagihan untuk membunuh lagi), mirip psikopat yah..hehe


            Light berambisi untuk menciptakan dunia baru tanpa manusia busuk lagi dengan cara membunuh semuanya, dan menyisakan yang baik, setelah itu menjadi Tuhan pada dunia baru yang dibuatnya itu. Kematian yang disebabkan setelah nama target ditulis beragam macamnya, ada yang mati serangan jantung, mati kecelakaan.


            Penulis benar-benar berada pada titik yang hampir tidak bisa menerima perlakuan pemuda yang berperan sebagai tokoh utama pada anime Death Note, Episode pertama yang dengan seenaknya mencabut nyawa sesamanya manusia. Atas dasar kemanusiaan, tindakan tersebut seyogianya jangan dilakukan di dunia nyata, sebab menghabisi nyawa orang banyak (Genosida) dengan alasan apapun merupakan tindakan yang melanggar hukum, sebab tidak perduli siapapun manusia berhak untuk merasakan keamanan, ketentraman, hidup yang lebih lama dan hak lainnya.


            Penulis berpandangan, bahwa pada episode pertama, anime Death Note, tokoh utamanya si Light sama saja ingin menyisakan dirinya sebagai satu-satunya penjahat yang tersisa dengan cara menghabisi semua penjahat yang ada di dunia. Walaupun dari sudut pandang lain, Light membuat persentase  penurunan drastis angka kejahatan, terutama di tempatnya sendiri yaitu Jepang.


            Light memang idealis, terbawa semangat api masa mudanya yang membara dengan cara ingin membangun dunia kembali dengan hanya di isi oleh manusia baik saja. Hemat penulis, di dunia maka akan terjadi ketidakseimbangan karena hanya yang baik saja. Secara realita itu sulit diterima. Namun, dari sudut pandang dunia imajinasi melalui anime, tentu bukanlah hal yang mustahil, semua serba bisa.

            Selain, hal di atas, yang tak kalah menariknya terdapat pada moment di mana ada Shinigami menjelaskan bahwasannya, ada konsekuensi yang ditanggung setelah mengunakan buku Death Note seperti rasa takut, penderitaan bahkan kalau tidak sanggup dapat membuat depresi atau berakibat fatal dengan berujung pada gangguan jiwa. Kemudian konsekuensi lainnya, jelas Shinigami kepada Light yaitu bahwa penguna buku Death Note tidak akan masuk surga atau neraka jika meninggal nantinya.


            Demikian riview singkat dari penulis, semoga bermanfaat untuk kalian para pembaca. Tunggu tulisan riview selanjutnya tentang Death Note Episode 2. Sekian dan terima kasih.





Sumber : Film Anime Death Note Episode 1


Sekilas informasi : Jika kalian suka nonton anime dan bingung di mana mencari film anime yang lengkap dari A sampai Z, silahkan kunjungi dan pilih anime favorit kalian + langsung download aja di www.samehadaku.net

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

PAGES