Informatif, edukatif, akurat dan terpercaya menyajikan informasi seputar filsafat, sosial, politik, pemerintahan, buku dan opini.

test pub-9703219827204705, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

1/21/2019

Apes Gara" Botong



            Di sebuah sekolah dengan sebutan  go Internasionalnya yaitu apa lagi kalau bukan SMAFOUR. Caelah, sejak kapan yah sampai ke telinga gue bahwa sebutan smafour yang katanya go Internasional?

 *Mikir*.

 Dulu waktu gue kelas 1 SMA, semester 1 (pas bocah-bocahnya) gue  nanya neh ke senior pramuka :

Gue        : Kak, kenapa sih SMA kita dibilang SMAFOUR? Sekolah lain mah biasa aja          sebutannya.

Senior    : karena SMA kita gak mungkin disebut kaya singkatan SMA lain. Contoh nih; SMAN 1 (SMANSA), SMAN 2 (SMADA), SMAN 3 (SMAGA). Trus kalau SMAN 4 masa SMAPAT atau SMANPAT, gaje banget deh..wkwk

Gue        : Iya yah, gak masuk akal banget dilogika gue. Gak kebayang deh, udah dulu dibilang SMA padang kalakai trus dibilang SMAPAT atau SMANPAT....waslun...apalagi digabungkan jadi SMANPAT padang kalakai..wkwk

Senior    : Itu sih dulu yang pernah kakak tau, kalo sekarangkan enak aja didengar dengan sebutan SMAFOUR, yah beda bangetlah dari yang lain. Yang lain masih lokal, SMAFOUR udah go Internasional dong...hihi *senyum-senyum sendiri*

Gue gak nyangka aja, dengan julukan yang seperti itu membawa pengaruh besar juga loh!!! Gak percaya? Datang aja gih sono ke SMAFOUR terus tanyain ama guru-guru dan anak-anak SMAFOUR sekarang, banyak banget perubahannya coy!!! Mulai dari insprastruktur, prestasi, julukan yang super duper banyak dan lain-lain deh pokoknya. (jangan besar yah bajunya wahay para guru" dan anak" SMAFOUR..wkwk)

Kalau SMANSA, SMADA, SMAGA dan SMA yang lain bisa, kenapa SMAFOUR dengan singakatan go Internasionalnya gak bisa melebihi yang lain..eaaaa sombong dulu dikit...wkwk tentu bisalah wong tergantung kerja keras dan kerja cerdasnya seluruh elemen di SMAFOUR.

Baik, baik, baik, kita kembali ke topik yah. Di sekolah itu ada ruangan  pertemuan (tempat di mana 2 komunitas berkumpul). Rencananya sih pengen ngadain kemah"an gitu yah ngitung”  ngisi liburan akhir tahun.

Nah, di dalam ruangan berdebatlah beberapa  tokoh komunitas.

Botong                    : Pagi teman-temanku!!! 

(Atong, Otong,
Lontong, Kantong,
Pitong)                        : Pagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Botong            : Gue ada planning nih, gimana kalau liburan akhir tahun kita kemah antar dua komunitas di Bukit ternama daerah sini.

Atong              : Di mana tuh?

Botong            : Baranahu wal ai.....hehehe

Lontong          : Boleh-boleh, ide yang bagus cetar membahana badai (Emang Syahrini apa..hihihi)

Kantong          *Mengangkat tangan*

Botong            : aasiappp, kenapa wal?

Kantong          : Belajar dari yang sebelum” nya nih, akhir tahunkan orang pada banyak liburan pasti ama keluarga masing”, gue takut nih, kalau nanti kita” aja mah yang hadir

Botong            : Sans wal, jangan pesimis gitulah. Kita jalanin aja dulu

Atong              : Setuju.....

Botong            : Lah yang lain diam-diam bae nih, setuju kagak?

(Lontong, kantong,
 Pitong, otong)                : asiappppp     setujuuuuuu!!!!!

Lontong          : Btw, karena semua pada setuju kita harus iuran dong untuk persiapan segala sesuatu

(Botong, Atong,
Kantong, Pitong,
 Otong)                        : Gasss fulllll

Botong            : tapi iuran yang kaya biasa aja yah. Sekiranya cukup buat spanduk dll

Lalu respon dari yang lain menganggukan kepala tanda setuju. Pertemuan itupun diakhiri dengan Bel yang berbunyi, tanda buat semua murid bahwa harus menunaikan kewajibanya masing”.

H-1 (segala sesuatu sudah disiapkan). Keesokkan harinya, tanggal 29 Desember 2016 dua komunitas tadi berkumpul.

 Apakah yang akan terjadi selanjutnya?

Ternyata oh ternyata, prediksi amat akurat dari Kantong Kimoci (sebutan biasanya dikalangan mereka yang menyukai Roy kioshi) benar” sunguh" betul dan benar...

Kantong          : hmm, Gue bilang apa, kita berenam lagikan....anjirrr!!!!

Botong            : *menarik napas* kita tunggu aja yang lain! Siapa tau datang...hehe     *mengaruk kepala*

Kantong          : awas lo yah, kalau gak datang....mmrrrrrrr

Anyway, 60 menit kemudian, berhubung tidak ada tanda-tanda kehidupan setelah berlama” lamanya menunggu. Akhirnya, merekapun capcipcus menuju tkp (Bukit Baranahu), walaupun sebagian dari mereka kesal dengan botong.

Tak disangka-sangka saat hendak sampai pada lokasi parkiran tersembunyi yang sudah mereka survei sebelumnya, sekitar 900 meter dari lokasi parkiran, mereka terkena kesialan yang benar-benar apes kempes karena kedodolan salah satu dari mereka. 

Siapa sih pelakunya? Hahaha, mau tau nih?

Ok deh, yuk lanjut lagi, tapi bacanya yang semangat dong.....hehe

*krik, krik, krik*

Kembali ketopik; sekitar 100 meter dari pandangan mereka ada warung.

Botong            : Seru juga yah, walaupun cuman berenam..hihi

Atong             : Seru dari Hongkong!!! *menatap tajam ke langit*

Botong            : Eh, btw ada warung tuh!!!!!

Atong              : Gak usah ajalah, lo minta punya gue aja kalo kurang!

Botong            : Gak mau, bodo amat. Lo pelit biasanya kamvret..

Atong              : Alah, sumpah kali ini gue bagi lo!

(Terus berdebat sampai mendekati warung. ‘ teman yang lain terus membuntunti dari belakang dan acuh tak acuh dengan mereka’)

Botong                        : Tiba-tiba........... *kaki menginjak rem* eh beli mie gin

(Kecepatanpun menurun, namun hal konyol terjadi.......doooarrrrrrikkk)

            Kesialanpun terjadi gara-gara Botong yang mengerem mendadak dan mengakibatkan tabrakan beruntun tak terhindarkan antar sesama mereka.

            Gak kebayang nih ketika nomor 1 berhenti mendadak, tentulah yang nomor 2 dan seterusnya akan Booooommm....

    Alhasil nih, gara-gara Botong.....semuanya pada mencium  aspal. (Lontong dan Atong mendarat di aspal, Pitong dan Kantong sempat menghindar agar tidak tertabrak kepala di depannya namun tetap saja mereka dua apes kena batunya). Si biang kerok Botong bersama teman yang diboncengnya (Atong) dapat mendarat dengan aman dari  aspal walaupun sempat meluncur dengan oleng-oleng juga menuju pinggiran aspal.

Atong              : *Terdiam sejenak*

Botong             : *Melihat ke belakang* Anjay (sambil ngakak) melihat semuanya terkapar
                        dengan posisi unik

Atong              : Eh kamvret, lo kenapa malah ketawa!!!  *sambil menepuk belakang Botong* itu teman kita anjay,  emang lo sangka pertunjukan sirkus

Botong         : huhu soory, mana gue tau kalau bakalan jadi gini. *sambil mengaruk” kepala dan tertawa*

Sontak saja, mereka yang mendarat dengan posisi unik tadi sangat kesal dan mulai membully Botong Kamvret yang selalu membawa kesialan

Kantong          : Sialan, anjir apes banget nih hari ini ama dia, udah kaga percaya kata-kata gue sebelumnya saat pertemuan rapat!!!! terus ditambah berhenti mendadak yang buat semua harus tersipu malu karena mencium aspal……ah siallll banget nih akhir tahun ini…dasar pembawa sial!!!!!!! 

Botong            : *Senyum-senyum sendiri*
          
Sementara itu, yang lain terus mencemooh Botong diperjalanan.  Beberapa menit kemudian, mereka sampai dilokasi parkiran. Well, lokasi ini luar biasa loh. Tempatnya tersembunyi, ke tepatnyapun harus pakai motor dengan menanjak ke atas, terus saat setelah parkir harus ditutupin pakai dedaunan dan ranting-ranting yang telah dipotong.

Btw, setelah lo markir di situ, yah lo harus naik lagi ke atas bukitnya..hehe  well, yang sabar aja yah waktu naik karena biasanya jalannya licin banget, maklum jalanannya masih perawan jarang orang lalu lalang lewat jalanan itu, yah persis seperti jalan tikus.

Nilai Moral :

           Saat lo naik tuh ibarat lagi mancing nih, lo harus benar" sabar nunggu ikan matok umpan lo, itupun kalo mulut ikannya kena mata pancing atau pengaitnya. Beh, kadang-kadang bisa kagak kena tuh, malahan umpannya yang bisa habis. Nah, gitu juga saat lo dalam perjalanan  ke puncak Baranahu, apalagi lewat jalan tikusnya beh butuh kesabaran banget coy. Selain itu tenaga juga, air dll. Salah sedikit bisa kehabisan napas, salah sedikit bisa tergelincir.

But, gak usah banyak mikirin itu yah, dikit aja mikirinnya karena semuanya terbayar saat di puncak….hehe

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Hihihi, cuman ngajak ngitung doang kok, siapa tau ada yang lupa dengan angka" itu..wkwk upsss, tapi ingat angka itu bukan nomor togel yah….

            Nah, kita lanjut ke cerita tadi okkkk

Tapi mau lanjut gak nih?

Yaudah kalau gak mau!!!!

Hihihi canda yah, sans coy….lanjut gak lanjut tetap lanjut kok…

            Sesampainya di puncak, kekesalan teman-teman Botong terhadapnya tiba-tiba hilang seketika. Knp? Gak salah lagi bro and sis, di puncak pemandangannya…….mmmm…indah banget. Sontak, merekapun bukannya langsung istirahat tapi malah selfie-selfie…hehe. Maklum, kalau udah liat yang bernilai estetika luar biasanya bawaanya beh maunya dinikmati mulu.

          Keindahannya di sana ibaratkan seorang cowok melihat wanita yang wow aduhai tak dapat dijelaskan dengan kata-kata, begitu juga sebaliknya wanita ketika melihat cowok yang awww kaya artis korea gitu behh……sikat abis dah..

            Btw, sembari selfie, merekapun membangun tenda yang sangat sederhana (tidak terlalu besar dan cukup untuk mereka berenam)

            Deeemmm, tendapun sudah jadi, kira-kira saat senja menghampiri mereka…

Nah, saat itu juga mereka bagi tugas nih. Ada yang masak, dan ada yang cari kayu.

Botong            : Kita bagi tugas yah, karena yang malas cari kayu cuman kalian dua, jadi kalian dua masak yah ‘Atong dan Otong’

Saat mencari kayu yang tak jauh jaraknya dari Atong dan Lontong, mereka yang mencari agak risih sekaligus agak kesal. Yah, mereka udah tau kalau keduanya disatukan bakalan perang soudara lagi, tapi tetap saja disatukan.

Lontong          : Ribet amat sih mereka dua, masak doang!!! *Mata melotot*

Botong                        : Tau ah, bodo amat, amat aja gak bodo karena gak memperdulikan mereka

Lontong          : Iya yah, kita focus aja dengan tugas kita kalo gitu

Pitong, kantong           : Yoshhhh, gasss!!!

            Perdebatan antara pemasak satu dan dua masih terus berlanjut, entah apa yang di lakukan. Intinya hal yang gajelah tentang sarden dan beras. Bodo amatlah tak usah terlalu dibahas....wkwk masa cuman karena beda cara atau pendapat dalam memasak ribetnya minta ampun sih....asudahlah gitukan.

            Baiklah, kita majukan ceritanya, skip saja yah bagian yang itu, gak penting  banget karena ketika kedua homo berdebat, entahlah apa yang bakal terjadi...hihi

            Kita lanjutkan cerita, saat malam tiba menghampiri mereka, saat senja telah tereliminasi oleh kegelapan......eaaaaaaaa ada hal yang seru nih saat terjadi di malam hari tepatnya sekitar pukul 10 malam, yah kira-kira setelah makan.

            Tau gak apa yang terjadi? Beh, saat di dalam tenda mereka main game yang ada di androidnya atong, game kaya lidi yang berputar gitu, seperti jarum jam. Musiknya ngeri banget bet. Kalo teknik mainnya tebak-tebakan gitu secara gantian, nah saat ada tanda merah dan lidinya mengarah ke lo, bisa dipastiin gawat udah tuh...hehe hayo game horror itu apa namanya?

Pasti lagi mikirin nih?

Udah gak usah cape mikir, sambil garuk-garuk kepala gitu. Cari aja di mbah google pasti ada kok.

15 menit setelah main game tersebut, hal horror terjadi nih, beh sontak mereka pada ketakutan semua . androidpun langsung dimatikan, lalu mereka semua serentak berdoa yang dipimpin langsung oleh botong. Walaupun Botong membawa sial buat mereka, tapi gak selamanya sial kok, buktinya saat terdengar gong besar yang sangat nyaring disebelah bukit baranahu ketika berdoa langsung hilang seketika, bisa dibilang manjur tuh doanya si Botong. Seketika itu juga mereka merasa sedikit damai, yah walaupun keseringan Botong  bawa sial daripada keberuntungan. Horror banget dah situasi saat itu yang mereka rasakan sebelum berdoa. Di mana ada suara yang aneh" ditambah suara gong yang besar lagi....etttdah

            Masalah kami belumlah selesai, saat suara" aneh itu hilang, masalah barupun datang saat burung-burung berterbangan ke udara, bisa dibilang lari dari pohon-pohon yang ada di bukit Baranahu, tiba-tiba saja angin kencang datang membuat tenda kami terguncang" imannya, tapi syukurlah masih kokoh imannya, iman di sini yang gue maksud ialah dasarnya seperti patok, tali dll.
            Cuaca benar” berubah dan sekitar pukul 11.30.wib menjadi dingin yang membuat orang mengigil bukan mengigil kesangean yah. Tolong bedakan antara mengigil kesangean dan mengigil beneran. Yang gue maksud dari mengigil kesangean ialah suatu ketika gue di rumah saat subuh dingin banget tuh, eh tiba-tiba anu gue hidup sendiri gitu....upsss kenapa malah ngomongin hal yang gituan ah, ada-ada aja....

            Prediksi di dalam benak Bontong saat itu benar” tidak salah kalau angin kencang dan awan gelap tebal datang pertanda akan turun hujan. Ternyata memang benar, yeee hebat si Botong bisa jadi peramal cuaca abal-abal.

            Hujan deras, beh, benar” deras coy. Seketika itu juga masalah baru yang cukup ekstrim muncul. Binatang” yang sebelumnya punya tempat tinggal pada mengungsi ke tenda mereka....ihh jijik amat deh membayangkannya, mulai dari binatang yang gak dikenal  dari  yang bisa terbang sampai yang gak bisa terbang. Hal mengerikan yang buat mereka terkejut ialah seekor Kalajengking yang cukup besar kira-kira sebesar tangan orang dewasa menghampiri tenda mereka dan masuk ke dalam tendanya.

Atong              : apaan tuh, gerak” di bawah selimut lo Botong?

Botong            : hah, yakah, oalah iya benar. (seketika langsung menarik selimut) *muka pucat*

Atong              : Astaga naga, itu anu...beh Kalajengking coy...lari anying

Botong            : Aaaaaaa....kampret *sambil mengerakan kaki Pitung*

Pitong              : apaan sih Botong, ribut banget kalian dua nih

Botong            : Bangun anjir, itu ada Kalajengking

Pitong              : Hah? Seius? Lalu duduk *sambil melotot* Ya Tuhan, besar banget

Atong              : Jangan dibunuh, usir aja keluar, biar dia pergi

Pitong              : iya benar tuh, kita jangan membunuh sembarangan di atas bukit, bahaya (sambil mengusir kalajengking)

Sekitar pukul 02.00.Wib subuh, barulah penderitaan merekapun berakhir. Namun, naas, mereka benar” apes semua karena masih terbayang akan kejadian horror dan kejadian ekstrim yang menimpa mereka barusan, yah imbasnya mereka harus terus begadang dan berjaga-jaga sampai matahari terbit siapa tau ada yang datang melebihi kalajengking seperti ular dll.

Namun, belum sampai matahari terbit, salah satu dari mereka tidak kuat menahan kantuk dan Rrrrrrrrrrrr, ketiduran dengan pose mulut mengangga . yah siapa lagi, kalau bukan si Otong.  Memang sudah kebiasaan seperti itu saat tidur. Alhasil, sontak membuat semua yang begadang saat itu terhibur tertawa ngakak, karena dengan posisi seperti itu nyamuk dan hal lain yang punya sayap mendekati bibirnya serta ada juga yang menetap tuh. Gimana gak banyak yang datangin wong karena lampu flash android didekatkan ke mulutnya yaitu di atas lehernya.

Canda tawa terus pecah sampai matahari terbit. Ada yang memfotonya dan banyak hal-hal gila dilakukan.

Beberapa saat kemudian  tak terasa matahari sudah mulai muncul menerangi dunia dan mengeliminasi gelapnya malam.

Semua tragedi benar” terbayar lagi saat  melihat indahnya pemandangan banyak lon**” , upsss maksudnya pemandangan dari atas bukit yang ditemani San  Rise...hehe merekapun langsung tanpa lama" mengabdikan moment tersebut dengan foto gokil, keren dll.

Pukul 07.00.wib pagi, setelah segala makanan yang alakadarnyapun masak. Akhirnya, yang paling ditunggu”  saat sudah berperang dengan dingin di malam hari, berperang dengan kejadian horror, ekstrim, yah tentunya pasti makan dong yang dilakukan karena makan merupakan obat penawar lapar...wkwk apaan sih, gaje banget..hehe

Makan selesai, 6 manusia homo (karena laki-laki semua) melanjutkan aktivitasnya dengan menyabut patok, melepaskan tali, terpal serta membersihkan tempat di area sekitar mereka berkemah.  Wah...sepertinya mereka cinta alam juga yah...hehe

Oh iya saat sudah turun nih, mereka bukannya pulang malah melanjutkan aktivitas kelompok. Orang mah istirahat, tapi kayanya otak mereka pada kebentur semua, eh malah lanjut dengan penuh semangat jalan-jalan ke Kasongan City, hanya buat foto-foto doang kan janco....lalu saat pulang dari Kasongan, mereka capciscus lagi nih. Kali ini mau mandi... tapi di mana yah?   Di mana hayoo?

Di bawah jembatan? Salah..hehe

Di Parit? Salah juga..hehe

Trus di mana dong..hihihi

Yang gak jauh-jauh dari kasongan dan dekat dengan bukit Baranahu dan agak elit tempatnya buat semua kalangan yah apalagi kalau bukan di Sei Gohong...eaaaaa

Akhirnya mandi dan mereka sepuasnya untuk melepas lelah..hehe tak sia-sia sih perjalanaan mereka walaupun apes kempes karena dewa kesialan kamvret si Botong, semua terbayar karena substansi dari ke gregetan liburan akhir tahun tersebut.

So, itulah liburan akhir tahun di tahun 2016 antara dua komunitas di Palangka Raya. But, sangat disayangkan komunitas yang satunya sekarang udah vakum nih, gak ada kabarnya lagi. Kalau yang satunya masih berjaya boss sampai detik ini.

Pesan Moral :

Nikmati liburan lo, jangan dibawa ribet, enjoy aja akan segala sesuatu karena semua ada hikmahnya kok.
                       


2 comments:

  1. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker . com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker . com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

PAGES