Informatif, edukatif, akurat dan terpercaya menyajikan informasi seputar filsafat, sosial, politik, pemerintahan, buku dan opini.

test pub-9703219827204705, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

10/27/2018

90 Tahun Sumpah Pemuda



M E R D E K A !!!

Doa kami, semoga para pemuda, para pejuang dan para pahlawan yang telah mendahului kita dapat tenang di sisi-Nya. Dan semoga pemuda generasi penerus bangsa ini dapat meneruskan perjuangan kalian. Amin

Pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah momentum bersejarah Indonesia yang dikenal dengan hari lahir SUMPAH PEMUDA dan juga sebagai tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda tidak langsung di tetapkan pada hari itu saja akan tetapi ada tahapan-tahapannya yaitu dari Kongres Pemuda I sampai ke Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda I dilaksanakan di Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 30 April – 02 Mei 1926 yang digagas oleh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) yang menjadi Ketua adalah Mohammad Tabrani dengan hasil yaitu Pertama, Kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada Ekonomi, Sosial dan Budaya. Kedua, untuk mengadakan Kongres Pemuda II.

Kongres Pemuda ke II pada tanggal 27-28 Oktober 1928, di Batavia (Jakarta) yang diketuai oleh Soegondo Djojopoestito dari PPPI. Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada secarik kertas dan dibacakan oleh Ketua Panitia Kongres Pemuda Soegondo. Adapun hasil Kongres Pemuda II (yang sekarang disebut SUMPAH PEMUDA) adalah sebagai berikut:

1.KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
   MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG
   SATU, TANAH AIR INDONESIA.

2.KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
   MENGAKU BERBANGSA YANG SATU,
   BANGSA INDONESIA.

3.KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA,
  MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN,
  BAHASA INDONESIA

Apa api sejarah yang kita warisi sekarang ?

Api sejarah yang kita warisi sekarang adalah semangat persatuan, semangat perjuangan, semangat menimba ilmu setinggi-tingginya dan semangat mengabdi kepada masyarakat serta semangat Gotong Royong.

Apa yang seharusnya pemuda lakukan sekarang untuk memaknai sumpah pemuda ?

Pemuda sekarang harusnya tidaklah mewarisi abunya sejarah yang sudah tidak dapat diulangi. Sebaiknya marilah memaknainya dengan melakukan penyadaran terhadap diri sendiri dan pada orang lain. Penyadarannya dapat berupa tindakan yang positif dan produktif seperti diskusi pelajaran dalam hal memecahkan masalah, berprestasi, berolahraga, bekerja, menjaga kebersihan lingkungan, menjauhi narkoba dan kegiatan lainnya.

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga teknologi yang tidak bisa dihindari akan tetapi sebagai pemuda harus dapat memfilter (menyaring) semua itu. Para pemuda dulu dengan semangat persatuan dan gotong royong untuk memerdekakan Indonesia supaya anak cucunya dapat mengelola, mengolah dan menikmati kekayaan alam tetapi keadaan sekarang malahan bangsa asing yang menikmati dan hanya sekelompok orang, semua itu diakibatkan kran-kran asing dibuka. Melaratnya rakyat bukan karena kemalasannya akan tetapi dimelaratkan oleh sistem yaitu sistem Kapitalisme, Feodalisme, Impirealisme, Kolonialisme dan sistem lainnya yang menindas.

Akhirnya, dengan momentum sumpah pemuda ini, marilah kita menghargai para perjuangan mereka yang menginginkan Persatuan bangsa kita. Hidup sesuai cerminan Pancasila untuk menuju Indonesia yang jaya. Jikalau Kongres Pemuda II bisa menyatukan semua pemuda dengan semangat mudanya, dan untuk mengatasi kemerosotan pemuda zaman sekarang apakah kita perlu membuat Kongres Pemuda III untuk menyatukan pemuda Indonesia seperti dulu lagi dengan semangatnya?

Repost by : 

M E R D E K A !!!!! 
             
Ig: catatanbkcgmnikotapky   
  https://www.instagram.com/p/Bpcpbc9HOGh/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=12kuuolocimjs

Fb: Bung Sarinah Palangkaraya

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

PAGES